penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya

Tuesday, July 19, 2016


merasakan laptop kamu yang terlalu panas biasanya, hati hati terhadap laptop yang terlalu panas jangan di biarkan, bisa bisa mempengaruhi kinerja hardware,merusak komponen komponen dan bahkan merusak mother board.

suhu maksimum yang bisa diterma oleh laptop sekitar 105 derajat celcius, jika lebih dari itu maka secara otomatis akan mati, untuk menghindari kerusakan akibat overheat.



penyebab panas/overheat ....



kipas/fan komputer yang tidak berfungsi lagi





kipas ini berfungsi untuk mengeluarkan hawa panas yang ada didalam laptop, jika kipas ini tak berfungsi udara panas yang ada didalam laptop mu tidak akan keluar dan menyebabkan laptop kamu jadi terlalu panas/overheat.



lubang udara laptop yang terlalu kotor




kipas bagus dan berfungsi ? mungkin saja panas di akibatkan oleh lubang udara pada kipas yang kotor, coba kamu periksa apakah lubang udara yang kamu punya sudah ditutupi oleh debu. jika kotor segera bersihkan dengan kain halus dan juga gunakan cutton bud untuk menjangkau yang tidak mudah di jangkau oleh kain.

sering seringlah membersihkan lubang udara, kira kira 3 atau 4 minggu sekali bersihkan lah lubang udara laptop anda.




tempat penggunaan laptop

 



tata letak penggunaan laptop juga berpengaruh terhadap suhu laptop kamu.

biasanya kita sering menggunakan laptop di atas yang empuk empuk seperti di atas kasur atau bantal, ternyata itu tidak baik untuk kelangsungan laptopmu. penggunaan laptop di atas yang bantal/kasur akan menghambat sirkulasi udara yang menyebabkan laptopmu jadi panas.

solusi lain bisa dengan menggunakan alas keras dan datar di atas bantal, jangan langsung meletakkannya di atas permukaan bantal.





lamanya waktu penggunaan



pasti kamu sudah tau, jika terlalu lama menggunakan laptop akan membuat meningkatnya suhu pada komponen komponen laptop, jadi jangan gunakan laptop terlalu lama.

jika memang sangat di perlukan untuk dalam jangka waktu yang lama maka gunakan USB cooling fan pad untuk menghindari panas yang berlebih.



thermal paste kering...




apa itu thermal paste ?

Thermal paste (biasa juga disebut thermal gel, thermal compound, thermal paste, heat paste, heat sink paste dan heat sink compound) adalah cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis (wikipedia).

jadi intinya thermal paste adalah semacam gel yang berfungsi untuk mereduksi panas yang di hasilkan prosessor.

prossesor adalah komponen yang paling cepat panas daripada komponen lainnya yang ada pada laptop. 
nah maka pada prossesor di berikan semacam gel, yang di sebut thermal paste.

jika laptop kamu cepat panas, cobalah untk mencek thermal paste yang ada pada laptopmu kemungkinan besar thermal pastenya sudah kering dan gantilah dengan yang baru.




 usia laptop yang tidak muda lagi.....




penyebab lainnya karena usia dari laptop sudah sangat tua, bukan hanya manusia saja yang memiliki masa tua perangkat elektronik juga, apalagi laptop yang jarang di berikan perawatan terhadapnya bisa mengakibatkan proses penuaan pada laptop juga semakin cepat.

jadi gunakanlah laptop seperlunya saja dan jangan terlalu berlebihan. jika memang harus menggunakannya secara berlebihan maka gunakan kipas pembantu seperti USB cooling fan.

terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.....






No comments:

Post a Comment

 

like fp kami untuk update terbaru!!

Most Reading